Mom, pasti sudah tidak ragu lagi bukan dengan manfaat minyak zaitun? Yup, minyak zaitun atau olive oil ini sering dianggap sebagai minyak tersehat karena khasiatnya yang melimpah.

Minyak zaitun bisa digunakan mulai dari sebagai alternatif pengganti minyak goreng sampai perawatan kecantikan. Tidak heran jika harganya pun jauh lebih mahal daripada minyak pada umumnya.

Salah satu yang paling populer adalah khasiat minyak zaitun bagi wajah dimana olahan berikut bisa dipakai sebagai pelembab alami.

Namun tidak hanya itu, minyak zaitun bagi kesehatan juga berkhasiat mengatasi dan mencegah penyakit tertentu seperti kanker, stroke, jantung, diabetes, dan bahkan obesitas. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Bagaimana Minyak Zaitun Dibuat?

Minyak zaitun sebenarnya adalah konsentrat lemak hasil dari buah zaitun yang telah diperas.

Dalam pengolahannya menjadi minyak, buah zaitun akan dicuci bersih dan akan dihancurkan. Lalu, akan ditumbuk sampai halus supaya menghasilkan minyak dengan maksimal.

Isi yang dihasilkan dari buah akan digiling untuk mengeluarkan tetesan minyak. Setelahnya, isi akan diperas dalam mesin khusus untuk memisahkan minyak dan sari buah.

Terakhir, air akan dikuras habis dari ekstrak zaitun dan hanya disisakan minyak zaitun murni. Inilah yang nantinya akan dikemas dan dijual.

Manfaat-Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun dan manfaatnya sudah terkenal ke segala penjuru dunia. Khasiatnya juga bisa dirasakan oleh seluruh kaum mulai dari anak bayi sampai orang dewasa. Apa saja? Berikut daftarnya.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan : memelihara kesehatan jantung

Minyak zaitun menjadi sesuatu yang tidak boleh dilupakan dari diet Mediterania yang menyehatkan bagi jantung.

Orang yang melakukan diet Mediterania dapat memiliki kemungkinan meninggal lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular daripada orang yang menjalani diet lain.

Peneliti Maria-isabel Covas, di Parc de Recerca Biomedia de Barcelona, Spanyol melakukan penelitian mengenai efek biologis dan klinis minyak zaitun.

Ditemukan bahwa orang-orang yang rutin mengkonsumsi minyak ini cenderung terlindungi dari resiko terkena penyakit kardiovaskuler, seperti hipertensi, stroke, dan hiperlipidemia. Inilah salah satu manfaat minum minyak zaitun.

Khasiat minyak zaitun bagi kesehatan : menekan resiko Alzheimer

Total kasus Alzheimer di negara-negara wilayah Mediterania yang tingkat konsumsi minyak zaitunnya sangat tinggi, seperti Yunani, ditemukan lebih rendah resiko Alzheimer dibanding tempat lain di dunia.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan : mencegah resiko kanker

Sudah teruji bahwa zat-zat yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mengurangi kanker dan mematikan sel-sel yang tidak normal.

Untuk mengurangi resiko kanker payudara dengan cara lain bisa saja dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran, serta menjalankan pola hidup sehat.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan : mengobati rematik

Rematik yaitu penyakit nyeri sendi berulang. Minyak zaitun bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan sendi akibat rematik.

Akan lebih baik jika minyak zaitun dikombinasikan dengan minyak ikan dan omega 3. Kombinasi ini dapat sangat membantu mengurangi nyeri sendi, kaku-kaku pada tangan, dan sendi nyeri pada orang yang mengidap rematik.

Khasiat minyak zaitun bagi wajah : melembabkan kulit

Tahukah Mom jika minyak zaitun memiliki kandungan yang melembabkan untuk kulit wajah? Jika Mom memiliki kulit wajah yang kering dan sering mengelupas, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada wajah yang kering.

Penggunaanya juga bisa dengan dicampur pelembab wajah dengan beberapa tetes minyak zaitun agar kulit tetap halus dan lembab.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah : mengatasi masalah kulit

Anda bisa mengatasi masalah kulit seperti peradangan, kulit kering, dan gatal karena minyak zaitun mengandung oleocanthal yang bisa menghilangkan rasa tidak nyaman sebab peradangan di kulit wajah.

Anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam air hangat. Lalu bilas wajah dengan air yang sudah dicampur dengan minyak zaitun tersebut.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah : scrub

Manfaat lain minyak zaitun selain melembabkan dan mengatasi kulit meradang adalah untuk scrub wajah alami. Anda bisa menggunakan campuran antara minyak zaitun dan garam laut, hal ini sangat bermanfaat untuk mengangkat kulit mati di wajah Anda.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah : membantu menghilangkan bekas jerawat

Tidak perlu mahal-mahal ke klinik kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat. Cukup oleskan minyak zaitun ke area kulit, gunakan jari untuk memijat kulit agar membantu penyerapan lebih baik.

Cara ini bisa diterapkan ke kulit sekitar 5 menit, namun jangan membiarkannya lebih dari 10 menit.

Manfaat minyak zaitun untuk bibir : melembabkan bibir dan mengatasi bibir pecah-pecah

Jika Mom memiliki masalah bibir pecah-pecah atau kering jangan diabaikan begitu saja. Anda bisa menggunakan minyak zaitun.

Kandungan vitamin E dan antioksidan pada minyak zaitun dapat menjaga bibir terus lembab. Pengaplikasiannya mirip dengan penggunaan lip balm atau bisa dioleskan setelah itu didiamkan semalaman.

Manfaat minyak zaitun untuk bibir : mengatasi bibir hitam

Kebiasaan merokok, dehidrasi, alergi lipstik, banyak mengkonsumsi kafein, atau terkena paparan matahari berlebih dapat menyebabkan bibir berwarna gelap. Anda bisa mencoba minyak zaitun untuk bibir hitam ini.

Anda dapat mengoleskan minyak zaitun ke bibir setiap malam hari sebelum tidur. Bisa juga menggunakannya sebagai scrub dengan campuran setengah sendok teh gula pasir. Untuk scrub, bisa dilakukan secara rutin seminggu sekali.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit : membuat kulit lebih halus

Minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari dampak paparan sinar matahari dan serangan kanker kulit.

Ini dikarenakan kandungan antioksidan dan anti radang dalam minyak zaitun. Dengan kandungan tersebut, minyak zaitun juga dapat membuat kulit lebih cerah dan halus.

Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil : mendukung perkembangan janin

Kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung pada minyak zaitun dapat mendukung perkembangan bayi. Minyak zaitun juga bermanfaat terhadap perkembangan psikomotorik janin.

Seperti mendukung perkembangan mata dan otak bayi, serta menjaga berat dan tinggi badan bayi saat lahir. Jadi, untuk Mom yang sedang hamil dan sering mengkonsumsi minyak zaitun akan melahirkan bayi dengan refleks psikomotorik yang lebih baik.

Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil : mencegah infeksi

Kandungan vitamin A pada minyak zaitun dipercaya dapat memperkuat sistem imun tubuh dan mencegah infeksi saat kehamilan.

Vitamin A juga terkenal baik untuk perkembangan mata pada janin. Karena mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A selama masa hamil akan menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut : melembabkan rambut dan menghilangkan ketombe

Khasiat minyak zaitun bagi kulit kepala dan rambut sudah dibuktikan oleh banyak orang. Masalah ini banyak disebabkan karena paparan sinar matahari dan karena kurangnya nutrisi.

Anda bisa mencampurkan minyak zaitun, air lemon, dan sedikit air. Oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala sambil pijat pelan-pelan. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan menggunakan shampoo. Anda bisa rutin melakukan perawatan ini dalam seminggu sekali.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut : mengatasi rambut bercabang

Minyak zaitun dapat menjadi solusi untuk masalah rambut terutama mengatasi rambut bercabang. Anda dapat meneteskan minyak zaitun pada rambut dan rambut akan menjadi berat dan lembab. Selain itu, saat rambut berantakan, Anda bisa mengaplikasikan minyak zaitun ke rambut setelah selesai menata rambut.

Bagaimana memilih minyak zaitun yang baik?

  • Kemasan harus berupa botol kaca gelap atau kaleng

Karena paparan matahari dapat merusak citarasa dan komposisi minyak. Maka dari itu, hindari membeli minyak zaitun yang dikemas menggunakan botol bening terlebih lagi botol plastik.

  • Pastikan tertera label “extra virgin olive oil”

Istilah ini tidak bisa disamakan dengan “murni”. Hindari label “murni” pada botol minyak zaitun, karena menandakan bahwa produk tersebut berkualitas rendah akibat sudah melalui proses penyulingan.

  • Ada tanggal kapan dipanen atau diproduksi dan tanggal kadaluarsanya

Minyak zaitun sama dengan makanan yang punya tenggang masa pakai optimal. Cermati label dan cari tahu kapan minyak tersebut dibuat dan kadaluarsa.

Semakin lama waktu yang dibutuhkan antara panen sampai masa pengolahan, maka akan semakin turun kualitas minyak.

  • Jelas nama pabrik dan perkebunannya

Meski Anda tidak tahu dimana tempat yang dicantumkan dalam botol minyaknya, tidak masalah.

Karena dicantumkannya nama tempat di label merupakan jaminan kualitas minyak tersebut. Akan lebih bagus jika terdapat segel atau cap resmi tempat produksinya.

  • Lebih baik organik

Pastikan memilih minyak yang terdapat label organik karena menandakan minyak zaitun ini dibuat dari buah zaitun yang tumbuh alami tanpa pestisida dan pupuk sintetis.

Meskipun produknya tidak mencantumkan label organik, tidak perlu khawatir. Biasanya produsen minyak zaitun yang masih berkembang namun berkualitas tinggi belum mampu untuk membayar royalti sertifikat label organik kepada pemerintah.

Bagaimana Mom? Apakah Mom juga baru mengetahui betapa banyak manfaat minyak zaitun?

Oleh karena itu, dalam rangka menjaga kesehatan Anda dan keluarga, cukup mulai dengan memakai atau mengkonsumsi minyak zaitun serta tetap menjaga pola hidup sehat. Semoga bermanfaat!