Memiliki keturunan menjadi dambaan banyak pasangan. Oleh sebab itu, program hamil atau promil adalah upaya yang bisa pasangan suami istri lakukan untuk segera mewujudkan keinginan tersebut.

Umumnya terdapat dua cara program hamil yaitu melalui langkah-langkah promil alami dan melalui pertolongan dokter spesialis dengan cara pembuahan buatan.

Untuk kedua jenis promil di atas, tentu harus dimulai dengan konsultasi kepada dokter kandungan. Hal ini untuk menentukan cara program hamil mana yang terbaik dan akan ditempuh dengan mengacu pada hasil-hasil pemeriksaan.

Penting untuk diingat, keberhasilan promil bisa terjadi kalau ada kerja sama yang baik antara Mom dan Dad.

Syarat Promil

Ada beberapa syarat promil yang harus Mom dan Dad terapkan demi meningkatkan peluang keberhasilan promil.

1. Periksa kesehatan bersama

Mom, jika hasil pemeriksaan kesuburan dan tes darah hasilnya baik, maka dokter spesialis kandungan akan membantu Mom dan pasangan melakukan metode promil alami.

Untuk mendapatkan kehamilan secara alami, Mom perlu memperhatikan cara promil yang benar dengan melakukan beberapa hal seperti:

  • Berhubungan intim saat masa subur, biasanya dua hari sekali dimulai dari hari ke-10 setelah selesai menstruasi.

  • Menerapkan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan hindari rokok, kafein dan alkohol.

  • Menjaga berat badan normal dan ideal.

  • Mencatat dan menghitung masa subur bagi wanita

  • Hindari makanan olahan, cepat saji, missal daging asap, makanan dan minuman kaleng, mi instan, dan sebagainya.

2. Hentikan penggunaan KB setelah kelahiran sebelumnya

Jika Mom mengonsumsi KB setelah kelahiran pertama, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk menghentikannya. Menghentikan konsumsi pil KB dilakukan agar siklus haid Mom bisa kembali teratur. Dengan demikian, Mom bisa mengetahui kapan masa ovulasi.

3. Konsumsi makanan untuk program hamil

Kecukupan nutrisi yang tepat dan sehat adalah kunci keberhasilan promil. Bahan makanan yang dikonsumsi harus bahan yang dapat membantu kesuburan kandungan atau kesehatan sperma.

Salah satu bahan makanan untuk program hamil yang bisa dikonsumsi adalah minyak zaitun. Dimana minyak zaitun dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng atau mentega.

Minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan anti inflamasi.

Minyak zaitun baik untuk mencegah peradangan dan infeksi. Risiko terserang peradangan dan infeksi tentu dapat membuat rencana kehamilan bubar berantakan.

Konsumsi juga penyubur kandungan lain seperti ikan salmon yang kaya omega 3, berbagai kacang-kacangan, sayur-sayuran hijau, juga memberikan kontribusi besar terhadap cara - cara program hamil yang benar.

Sementara untuk pasangan perbanyak konsumsi buah berdaging merah seperti buah naga, semangka, jambu biji, tomat karena kandungan lycopene yang tinggi.

Zat ini terbukti memperbaiki kualitas sperma dan membuatnya lebih tahan radikal bebas.

4. Kenali faktor penghambat promil

Setelah Mom mengetahui tentang promil alami, ada baiknya apabila Anda juga mencari tahu seputar faktor penghambatnya.

Misalnya riwayat penggunaan alat kontrasepsi hormonal, suntik hormon bulanan, dampaknya masih akan terasa sampai 1 tahun setelah dihentikan.

Selain itu usia pasangan dan waktu berhubungan intim juga mempengaruhi. Bagi perempuan, usia di bawah 35 tahun akan memberikan peluang lebih besar untuk mendapat kehamilan. Sebab masih memiliki banyak sel telur yang sehat dan siap dibuahi.

Untuk pria yang senang menggunakan pelumas saat bercinta, segera hentikan. Sebab, pelumas dapat membunuh sperma dan menggagalkan impian Mom dan Dad mendapat momongan.

Baca juga: 11 Kesalahan Program Hamil yang Tak Disadari Pasangan

Cara program hamil

Terdapat dua cara program hamil, yakni promil alami dan melalui pertolongan dokter spesialis dengan cara pembuahan buatan. Promil alami bisa dilakukan apabila Mom dan Dad memenuhi syarat-syarat di atas.

Sementara, cara-cara pembuahan buatan bisa dilakukan melalui inseminasi buatan dan bayi tabung.

Perbedaan dua metode promil ini terletak pada tindakan medisnya. Inseminasi buatan dilakukan oleh Mom dengan tuba falopi terbuka, sedangkan untuk promil bayi tabung, Mom akan dibius total dan pembuahan terjadi di luar tubuh Mom.

Bayi tabung yang dikenal juga dengan nama In Vitro Fertilization (IVF) adalah serangkaian prosedur promil kompleks yang digunakan untuk meningkatkan kesuburan atau masalah genetik dan membantu pembuatan seorang anak.

Dalam IVF, telur matang diambil dari ovarium Mom dan dibuahi oleh sperma di laboratorium. Kemudian sel telur yang dibuahi (embrio) atau telur ditanamkan di dalam rahim Mom. Satu siklus IVF membutuhkan waktu sekitar dua minggu.

IVF adalah bentuk teknologi reproduksi yang cukup efektif. Prosedur ini dapat dilakukan dengan menggunakan sel telur Mom sendiri dan sperma Ayah.

Inseminasi buatan adalah metode promil yang dapat meningkatkan kesuburan dengan memasukkan sperma langsung ke dalam rahim, dengan metode inseminasi intrauterin (IUI) yang paling umum dijalankan.

Beberapa pakar menyarankan agar seorang wanita mempertimbangkan untuk mengunjungi dokter kesuburan untuk mendiskusikan perawatan promil inseminasi buatan jika dia memiliki beberapa gejala berikut:

  • Tidak dapat hamil setelah satu tahun mencoba

  • Rentan terhadap menstruasi tidak teratur

  • Berumur lebih dari 35 tahun dan berusaha untuk hamil

  • Pernah mengalami keguguran lebih dari dua kali

Baca juga: Program Hamil : Bayi Tabung Atau Inseminasi Buatan, Mana yang Cocok untuk Mom?

Makanan untuk program hamil

Selain kondisi tubuh, cakupan nutrisi Mom dan Dad juga mempengaruhi kualitas sel telur serta sperma. Oleh sebab itu, kandungan makanan untuk program hamil wajib diperhatikan.

Adapun lima makanan untuk program hamil adalah:

  • Produk olahan susu untuk program hamil dengan lemak utuh. Susu yang diperkaya dengan Vitamin D memiliki manfaat dalam memproduksi hormon seksual.

  • Karbohidrat tinggi serat untuk menurunkan kadar glikemik dalam tubuh dan meningkatkan kesuburan. Beberapa contoh yang baik untuk promil seperti gandum utuh, bayam, oatmeal, dan beras tumbuk.

  • Kacang polong dan lentil yang kaya akan protein nabati dan mengandung lebih sedikit kalori.

  • Kacang tanah dan biji-bijian. Makanan ini mengandung coenzyme (CoQ10), zat antioksidan yang berperan dalam produksi energi sel di dalam tubuh, termasuk sel telur.

  • Ikan salmon. Selain kaya akan vitamin D, salmon juga memiliki kandungan omega 3 dan asam lemak yang sehat sehingga mendorong aliran darah ke rahim untuk meningkatkan kesuburan.

Bagaimana? Masihkah Mom ragu untuk menjalani promil seperti di atas? Jangan khawatir, sebab ruangmom memiliki solusi dari keraguan Anda.

Langsung saja bergabung dalam acara spesial Mom Meet Up at home fest bertemakan Pentingnya Program Hamil: Panduan Mom & Dad Sukses Merencanakan Kehamilan yang akan diadakan pada tanggal 5 Desember 2020.

Di kelas ini Anda berkesempatan memperoleh informasi lengkap dari dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, Sp.OG seputar persiapan program hamil, infertilitas, dan program-program hamil sesuai dengan masalah. Yuk daftar sekarang juga melalui link berikut ini. Gratis!

Mom Meet Up Festival 2020: Pentingnya program hamil, panduan Mom & Dad sukses merencanakan kehamilan