Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November. Tema Hari Kesehatan Nasional 2020 adalah “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di tahun 2020 ini juga memiliki subtema: “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”.

Bertepatan dengan merebaknya pandemi, hari kesehatan nasional sekaligus adalah seruan kepada seluruh keluarga Indonesia untuk menjaga kesehatan diri, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan dan berperilaku hidup sehat. Jadi, sudahkah Mom tahu bagaimana cara menjaga kesehatan keluarga yang benar? Sebelum terapkan caranya, pertama-tama, mari simak sejarah Hari Kesehatan Nasional.

Sejarah Hari Kesehatan Nasional

Tahukah Mom jika mulanya hari kesehatan nasional ditujukan sebagai upaya dalam memberantas malaria yang mewabah di Indonesia pada tahun 50an?

Di era tersebut, terdapat ratusan hingga ribuan masyarakat tewas akibat terjangkit penyakit malaria. Pemerintah pun tak tinggal diam. Berbagai cara telah dilakukan untuk mengatasi situasi hectic berikut.

Salah satunya yakni dengan membentuk Dinas Pembasmian Malaria dimana beberapa tahun kemudian berubah nama menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria (KOPEM). Gerakan pembasmian wabah malaria ini dibantu oleh ebuah organisasi kesehatan dunia WHO (World Health Organization).

Bentuk pemberantasannya berupa penyemprotan obat berjenis DDT secara masal ke seluruh rumah penduduk di pulau Jawa, Bali, dan Lampung.

Soekarno, sebagai presiden Republik Indonesia kala itu, ikut melakukan kegiatan penyemprotan pertama secara simbolis di daerah Kalasan, Yogyakarta pada tanggal 12 November 1959.

Tanggal inilah yang akhirnya ditetapkan menjadi hari kesehatan nasional (HKN) yang diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat Indonesia.

Makna

Seperti yang telah disebutkan di atas, hari kesehatan nasional 2020 memiliki tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dengan subtema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”.

Terawan Agus Susanto, Menteri Kesehatan Indonesia, menjelaskan bahwa tema dan subtema yang diangkat di hari kesehatan nasional tahun ini berkaitan erat dengan pandemi Covid-19.

Tujuannya yakni sebagai pengingat masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan baik untuk diri sendiri maupun orang-orang sekitar.

Selain itu, Menteri Kesehatan Indonesia mengajak seluruh rakyat untuk memaknai hari kesehatan nasional 2020 dengan selalu bersyukur atas apa yang telah terjadi, khususnya di musim wabah virus corona seperti sekarang.

Cara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN)

Peringatan Hari Kesehatan Nasional bisa Mom lakukan bersama keluarga, lho. Tak perlu merayakannya dengan selebrasi yang muluk-muluk, peringatan HKN bisa dimulai dari rumah dengan disiplin menerapkan cara-cara menjaga kesehatan keluarga. Lalu bagaimana caranya?

Cara menjaga kesehatan keluarga

  • Pastikan Mom dan keluarga mengonsumsi makanan bergizi setiap hari

Gaya hidup sehat di level keluarga harus dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi tinggi. Sebab, konsumsi makanan adalah modal awal untuk memiliki tubuh sehat. Jika tubuh sehat, maka Anda dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan maksimal.

Pastikan Mom menyajikan makanan 4 sehat 5 sempurna di atas meja. Sediakan makanan sumber karbohidrat, contohnya nasi, jagung, kentang, atau gandum. Imbangi dengan makanan mengandung protein baik nabati maupun hewani, contohnya daging-dagingan, telur, tahu dan tempe.

  • Perbanyak konsumsi sayur

Sayuran berwarna hijau kaya akan serat yang bagus untuk kesehatan jantung, contohnya bayam, sawi dan brokoli. Sayuran berwarna kuning atau orange adalah sumber vitamin A, C dan antioksidan. Contohnya wortel dan paprika orange.

Sayuran berwarna ungu bagus untuk memelihara daya ingat anak, terutama jika Mom punya balita yang sedang dalam masa pertumbuhan. Contoh sayuran berwarna ungu, yaitu terong dan kol ungu.

  • Makan camilan sehat, contohnya buah-buahan

Alih-alih mengonsumsi kentang goreng atau makanan berminyak lainnya yang mengandung banyak garam, lebih baik Mom membiasakan keluarga untuk menggantinya menjadi camilan sehat, contohnya buah-buahan.

Baca Juga: 17 Makanan Tidak Sehat yang Sebaiknya Dihindari

Buah memiliki kandungan vitamin dan mineral, sehingga baik untuk pencernaan tubuh. Antioksidan dalam buah-buahan juga bagus untuk daya tahan tubuh sehingga badan tak mudah terserang virus dan penyakit.

  • Olahraga ringan secara rutin

Olahraga adalah makanan bagi tubuh agar tetap bugar. Selain itu, olahraga juga bagus untuk menjaga kesehatan organ-organ vital dalam tubuh, seperti jantung dan paru-paru.

Tak perlu lama-lama, Mom dan keluarga cukup alokasikan waktu setidaknya 30 menit tiap sesi berolahraga. Lakukan olahraga teratur 3 sampai 5 kali seminggu. Akan lebih bagus jika olahraga dilakukan bersama-sama. Selain menyehatkan, olahraga bersama juga dapat meningkatkan ikatan emosional Mom, suami dan anak-anak.

  • Jaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan rumah

Tak jarang penyakit yang menyerang tubuh bersumber dari lingkungan yang kurang bersih. Ajarkan dan biasakan keluarga untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan rumah.

Menjaga kebersihan diri sendiri, dimulai dengan rajin mencuci tangan selepas beraktivitas, sebelum dan sesudah makan, selepas buang air kecil maupun besar. Pastikan semua anggota keluarga menerapkan cara cuci tangan yang benar.

Baca Juga: 6 Cara Cuci Tangan Pakai Sabun yang Benar

Kebersihan diri juga harus dijaga dengan cara rajin mandi 2 kali sehari agar kuman-kuman dan bakteri yang mungkin menempel pada tubuh hilang.

Selain itu, pastikan lingkungan rumah selalu dijaga kebersihannya. Cek kembali sudut-sudut ruang tamu, kamar tidur, bahkan kamar mandi, pastikan dalam keadaan bersih.

  • Terapkan protokol kesehatan jika beraktivitas di luar rumah

Terakhir, disiplinkan diri sendiri, suami dan anak agar selalu menerapkan protokol kesehatan apabila hendak beraktivitas di luar rumah. Pakai masker, bila perlu gunakan faceshield. Jaga jarak aman berinteraksi dengan orang lain dan sebisa mungkin hindari kerumunan.

Sering-seringlah mencuci tangan, bekali diri dengan hand sanitizer ke manapun untuk menjaga kehigienisan tangan.

Bagaimanapun, kita sedang berada di situasi pandemi yang belum dapat diprediksi kapan akan berakhir. Jadi, cara terbaik untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional adalah dengan mendisiplinkan kembali aturan untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga. Selamat Hari Kesehatan Nasional 2020! Semoga sehat selalu, Mom dan keluarga.