Mom baru saja mengalami mimpi gigi copot? Ternyata, itu bukan mimpi biasa, lho. Ada beberapa mitos yang menganggap arti mimpi gigi copot ialah sebuah pertanda adanya masalah keuangan hingga kematian kerabat terdekat.

Menurut Islam, arti mimpi gigi bawah copot dipercaya sebagai tanda berkurangnya nikmat. Adapun deretan gigi atas dan bawah diibaratkan sebagai anggota keluarga, seperti saudara, orang tua, kakek, nenek dan sebagainya. Inilah alasannya mengapa mimpi tersebut seringkali dikaitkan dengan kehilangan kerabat terdekat.

Berbeda lagi jika dilihat dari kacamata psikologi, di mana mimpi ini dianggap sebagai tanda bahwa Anda sedang mengalami stres. Namun, sebetulnya tak selamanya mimpi gigi copot berarti negatif ya, Mom. Yuk langsung saja simak berbagai artinya di bawah ini.

Arti mimpi gigi copot menurut psikologi

Bila dilihat dari sisi psikologi, terdapat beragam arti mimpi gigi bawah copot yang Anda alami. Mimpi tersebut bisa saja diakibatkan oleh rasa cemas yang berlebihan, stres, atau pola hidup tidak sehat. Lebih lengkapnya, simak ulasan arti mimpi gigi copot menurut psikologi berikut ini, yuk!

1. Kehilangan seseorang atau sesuatu yang dicintai

Arti mimpi gigi copot semua selalu dikaitkan dengan kehilangan sesuatu yang dicintai. Ini menandakan adanya sebuah kesedihan yang mendalam dari kehilangan tersebut, seperti kehilangan pekerjaan, perceraian, atau bahkan kematian kerabat dekat.

2. Trauma pada gigi

Jika gigi baru saja tanggal, tak heran bila hal tersebut terbawa hingga mimpi. Apalagi bagi anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Mom tak perlu cemas sebab ini bisa saja merupakan tanda bahwa giginya akan tumbuh lagi.

3. Mengucapkan sesuatu yang memalukan

Seorang hipnoterapis meyakini bahwa ucapan yang salah atau memalukan merupakan arti mimpi gigi copot. Sehingga, bila sebelumnya Mom mengatakan sesuatu yang membuat Anda malu, mungkin itu adalah penyebabnya.

4. Sedang stres

Semua orang bisa saja mengalami stres. Hal ini tentu sangat lazim dalam hidup. Nah, ternyata arti mimpi gigi depan atas copot dapat diakibatkan oleh stres berlebihan yang sedang Anda alami.

5. Cemas

Tak hanya stres, gangguan cemas yang berlebihan juga bisa membuat Mom menggertakan gigi saat sedang tidur. Adapun kondisi cemas ini dapat Anda alami akibat rasa khawatir atau insecure dalam waktu yang cukup lama.

6. Perubahan besar sedang terjadi

Arti mimpi gigi copot yang Mom alami juga bisa menandakan sebuah perubahan besar sedang terjadi dalam hidup Anda. Biasanya, perubahan besar itu menimbulkan berbagai kecemasan atau kekhawatiran yang kemudian mengundang mimpi buruk tersebut saat Mom tidur.

7. Adanya perasaan cemburu

Menurut ilmu psikologi, kecemburuan yang Mom rasakan juga bisa menjadi arti mimpi gigi bawah copot, lho. Sebab, rasa cemburu tersebut dapat menimbulkan hal negatif dalam hidup Anda dan menjadi beban pikiran. Dengan begitu, ini akan mengganggu kesehatan mental Anda.

8. Kesehatan yang buruk

Buruknya kondisi kesehatan dapat menjadi arti mimpi gigi copot menurut psikologi. Bila Mom tak suka mengonsumsi makanan sehat dan jarang berolahraga, kualitas tidur Anda pun akan menjadi kurang baik. Sehingga jangan heran bila mimpi buruk datang menghampiri.

9. Masalah keuangan

Terdapat seorang ahli astrologi yang meyakini arti mimpi gigi copot sebagai perasaan takut terhadap masalah keuangan. Khususnya saat Mom sedang mengalami krisis finansial. Ini akan menimbulkan kecemasan dan mengundang mimpi buruk terjadi.

10. Perasaan negatif terhadap orang lain

Jika dalam mimpi Mom melihat orang lain yang mengalami gigi copot, mungkin saja Anda menyimpan perasaan negatif kepada orang tersebut. Bisa jadi ada rasa yang kurang baik sehingga membuat Mom kurang tenang dan mengalami mimpi buruk.

11. Ingin mengutarakan sesuatu

Komunikasi yang buruk juga bisa menjadi arti mimpi gigi copot. Ini terjadi saat Mom merasa kesulitan menyampaikan sesuatu dalam pikiran Anda. Untuk itu, belajarlah untuk mengutarakan unek-unek tersebut agar Mom dapat tidur lebih nyenyak.

12. Rendahnya rasa percaya diri

Berdasarkan Medicine Net, arti mimpi gigi copot menggambarkan rasa percaya diri yang rendah. Hal tersebut dikarenakan gigi dipercaya sebagai lambang dari kekuatan. Sehingga ketika Anda memimpikan gigi copot, ini diyakini sebagai tanda rendahnya rasa percaya diri.

13. Membuat kompromi yang sulit

Arti mimpi gigi depan atas copot selanjutnya menggambarkan saat Mom sedang membuat sebuah keputusan yang cukup sulit dan Anda tidak merasa puas dengan hasilnya. Kekecewaan terhadap pilihan yang Mom ambil kemudian mengundang mimpi buruk saat Anda tidur.

Baca juga: 17 Arti Mimpi Orang Meninggal, Tak Selalu Pertanda Buruk

Arti mimpi gigi copot menurut Islam

Wanita sedang tidur

Arti mimpi gigi copot tidak hanya ditafsirkan berdasarkan psikologi. Jika Mom adalah seorang muslim, tak ada salahnya untuk mengetahui makna mimpi tersebut dari pandangan agama.

Terdapat arti mimpi gigi bawah copot lainnya yang diyakini memiliki makna tersendiri. Tak hanya sebagai pertanda buruk, arti mimpi gigi atas copot menurut Islam bahkan merupakan suatu pertanda positif. Berikut berbagai arti mimpi gigi copot menurut Islam yang perlu Mom ketahui.

14. Arti mimpi gigi atas copot

Arti mimpi gigi atas copot menurut islam merupakan suatu pertanda yang baik. Mungkin saja dalam waktu dekat Mom akan memperoleh sebuah rezeki. Bila gigi yang tanggal ialah bagian kanan, hal tersebut dipercaya rezeki yang didapatkan dalam bentuk uang.

Sedangkan bila bagian kiri, maka rezeki itu merupakan sebuah jalinan persahabatan yang baik dengan seseorang. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk selalu bersyukur, khususnya saat sedang memperoleh rezeki dan kesuksesan.

15. Arti mimpi gigi bawah copot

Berbeda dengan arti mimpi gigi atas copot menurut Islam sebelumnya, arti mimpi gigi bawah copot memiliki makna yang sebaliknya. Ini dipercaya merupakan sebuah tanda kesulitan hidup atau penderitaan, baik kesehatan maupun pekerjaan.

Bila yang copot area kiri, tandanya Anda akan kehilangan pekerjaan. Namun, jika sebelah kanan, tandanya Mom akan mendapatkan penyakit. Oleh karenanya, ada baiknya untuk lebih mendekatkan diri kepata Tuhan Yang Maha Kuasa dan memohon agar diberi kekuatan serta kesabaran dalam menghadapi berbagai cobaan.

16. Arti mimpi gigi copot semua

Jika satu gigi copot saja dapat mengurangi nikmat saat makan, bagaimana dengan gigi yang tanggal semuanya? Ya, arti mimpi gigi copot semua memang diyakini menandakan Anda perlu membayarkan suatu hal dengan nilai yang cukup besar, entah itu hutang atau denda.

Jika Mom mengalaminya, coba renungkanlah sejenak apakah Anda memiliki hutang terhadap orang lain atau terdapat denda yang perlu dibayarkan. Apabila benar, segeralah melunasinya, ya.

17. Arti mimpi gigi geraham bawah copot

Menurut Islam, mimpi gigi geraham bawah tanggal bermakna akan ada kerabat dekat yang meninggal dunia. Bila yang copot ialah sebelah kiri, berarti Mom akan ditinggal oleh saudara perempuan. Sebaliknya, jika sebelah kanan maka Anda akan ditinggal oleh saudara laki-laki.

18. Arti mimpi gigi geraham atas copot

Meskipun sebelum tidur Mom telah memanjatkan doa agar dijauhkan dari gangguan setan dan diberikan perlindungan, mimpi buruk tetap saja sering terjadi. Salah satu mimpi buruk tersebut ialah mimpi gigi geraham copot.

Namun, tahukah Mom, mimpi gigi geraham atas copot dipercaya merupakan sebuah tanda bahwa orang tua akan meninggal dunia dalam waktu dekat. Akan tetapi, Anda tidak perlu cemas berlebihan, sebab kebanyakan mimpi buruk berasal dari setan yang mencoba menipu daya manusia.

Untuk itu, jika Mom mengalami mimpi buruk, Islam menganjurkan untuk meludah ke arah kiri sebanyak 3 kali. Sudah sepatutnya Anda berserah diri dan selalu berdoa meminta perlindungan dan kesabaran kepada Allah.

Itu dia berbagai arti mimpi gigi copot menurut Islam maupun psikologi. Saat Mom mimpi mengenai gigi copot, sebaiknya Anda tidak perlu cemas berlebihan, ya. Sebab, kebaikan ataupun keburukan yang seseorang alami sejatinya telah ditakdirkan oleh Allah SWT.

Apalagi jika Mom tidak merasa sakit sama sekali dalam mimpi tersebut, ini berarti mimpi tersebut tidak akan berdampak terhadap kehidupan nyata. Yang terpenting, jangan lupa untuk berdoa agar selalu dihindarkan dari marabahaya.

Baca juga: 13 Arti Mimpi Menikah Menurut Berbagai Sumber, Benarkah Selalu Pertanda Buruk?