Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa melakukan usaha di rumah, setuju tidak, Mom? Hal itu justru menjadi kesempatan bagus untuk membuka bisnis sendiri. Apalagi saat ini terdapat banyak ide jualan yang bisa Mom kembangkan.

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus berbisnis dapat menjadi sarana bagi Mom untuk aktualisasi dini. Dengan manajemen waktu yang baik dan keuletan tinggi, usaha apapun bisa menguntungkan sehingga menambah penghasilan keluarga Anda. Namun masalahnya, Mom masih bingung ingin mencoba bisnis apa di rumah.

Tak perlu khawatir, ide jualan terlaris berikut tidak memerlukan modal besar dan cocok untuk ibu rumah tangga.

Kalkulator Finansial

Ide jualan terlaris

Mom, berikut beberapa ide jualan terlaris yang bisa Mom jadikan pilihan untuk menambah penghasilan di rumah.

1. Makanan kekinian

Saat ini makanan kekinian seperti churros, corn dog, dimsum, serta dessert box sedang laris dan menjadi trend di kalangan masyarakat. Nah, Anda bisa memanfaatkan momen ini menjadi ide jualan makanan kekinian.

Cara membuat berbagai makanan tersebut cukup mudah dan bisa dipelajari melalui tutorial youtube lho, Mom. Selain simple, Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulainya.

2. Katering

Membuka usaha katering merupakan ide jualan makanan yang hasilnya menjanjikan. Seiring dengan banyaknya acara seperti pengajian, rapat, arisan, lamaran, pernikahan, dan sebagainya, orang tentu membutuhkan jasa katering dengan rasa enak serta harga terjangkau.

Tak hanya katering untuk acara tertentu saja, Mom juga dapat menyajikan katering makanan sehat bagi orang-orang yang sedang menjalani diet. Hal ini juga berpeluang membawa keuntungan besar bagi usaha Anda, lho!

3. Frozen food

Di tengah pandemi yang mengharuskan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, menjual frozen food adalah ide jualan terlaris yang patut dicoba. Bagaimana tidak, orang tentu lebih banyak membutuhkan stok makanan praktis siap saji sehingga tidak perlu keluar rumah.

Anda hanya perlu menyiapkan kulkas serta stok makanan beku yang banyak diminati konsumen seperti sosis, chicken nugget, dimsum, dan bakso. Tak hanya itu, Mom juga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menjualnya.

4. Tanaman hias

Hingga kini, euforia mengoleksi tanaman hias masih belum menurun dan tetap menarik minat pembeli. Tak ada salahnya membuka ide jualan terlaris ini di rumah Anda, Mom. Selain tergolong mudah, Mom juga tidak perlu memerlukan banyak modal.

Mulailah dengan membeli bibit tanaman kemudian merawatnya hingga tumbuh cukup besar. Berbagai tanaman hias yang sedang laris di pasaran saat ini antara lain aglaonema, monstera, dan juga kaktus.

5. Dropshipper

Salah satu ide jualan online yang bisa dilakukan sambil mengurus kegiatan rumah yaitu dropshipper. Menjadi dropshipper berarti Anda menjadi perantara bagi konsumen dengan pemasok barang selama proses jual beli online.

Untuk menjalankan usaha ini, terlebih dahulu lihatlah barang atau produk yang sedang trend dan banyak diminati pelanggan di masa sekarang. Setelah itu, mulailah tawarkan pada tetangga, orang sekitar, bahkan akan lebih baik lagi jika Anda mempromosikannya melalui media sosial.

Baca juga: 10 Tips Jualan Online Laris bagi Pemula, Untung Besar!

6. Jasa menjahit

Mom memiliki kemampuan menjahit? Cobalah membuka jasa menjahit pakaian untuk menambah penghasilan Anda. Mom bisa memanfaatkan momentum saat mendekati hari raya dan tahun ajaran baru. Biasanya, di masa-masa itu orang lebih banyak membutuhkan jasa jahit.

Terkadang, meski tidak menjahit baju secara keseluruhan, banyak juga orang yang membutuhkan jasa permak untuk memperbaiki pakaian. Sebab, seringkali ukuran baju di toko tidak bisa selalu pas dengan badan.

7. Usaha kue kering

Jika menjual kue basah berisiko cepat basi, cobalah ide jualan terlaris dengan menjual kue kering secara online. Anda juga bisa menawarkan berbagai packaging model hampers atau parsel unik dengan metode pre-order. Menarik sekali, bukan?

Agar ide jualan online tersebut laris dan dilirik banyak pembeli, jangan lupa mempromosikannya di media sosial ya, Mom.

8. Keripik atau makanan ringan

Siapa sih yang tidak menyukai snack? Makanan ringan satu ini kerap kali menjadi teman dalam melakukan berbagai aktivitas, seperti menonton televisi, mengerjakan tugas, atau berkumpul bersama keluarga.

Hal inilah yang perlu Mom manfaatkan untuk membuat keripik dengan cita rasa sesuai lidah orang Indonesia. Anda bisa menjualnya pada toko-toko terdekat atau langsung menawarkan ke tetangga sekitar rumah. Dengan begitu, keripik dapat menjadi salah satu ide jualan makanan yang menarik untuk dicoba.

9. Toko kelontong

Bagi Mom yang memiliki teras rumah atau ruko kosong tidak digunakan, membuka toko kelontong kecil-kecilan menjadi ide jualan menarik, lho. Dengan menyediakan barang-barang kebutuhan primer seperti sembako dan kebutuhan rumah tangga lainnya, orang sekitar Anda tidak perlu repot lagi berbelanja terlalu jauh dari rumah.

Apalagi jika Mom tinggal di daerah yang belum banyak berdiri minimarket dan toko kelontong, bisa dipastikan perolehan keuntungan Anda juga akan cukup besar.

10. Laundry baju dan sepatu

Laundry baju bisa menjadi ide jualan terlaris yang sangat menguntungkan jika Mom tinggal di area perkantoran atau kampus. Pasalnya, sebagian besar mahasiswa dan pekerja kantoran banyak mengandalkan jasa laundry untuk mencuci pakaiannya.

Tak hanya baju, Mom juga bisa mengimbanginya dengan jasa cuci sepatu yang hingga kini makin banyak dicari, sebab tergolong masih jarang ditemui.

Bagaimana, Mom? Mulai tertarik membuka usaha di atas? Anda bisa mempertimbangkan pilihan ide jualan tersebut sesuai kemampuan dan fleksibilitas yang Mom miliki. Selamat mencoba!

Baca juga: 30+ Ide Bisnis Kreatif dan Unik Terbaru Paling Menguntungkan