“Kira-kira apa ya tanda hamil 1 minggu? Kenapa tanda-tanda hamil muda pada perut belum terlihat juga?” Pertanyaan tersebut mungkin pernah terlintas di pikiran Mom. Namun, jangan terlalu khawatir. Pasalnya, kehamilan di minggu pertama memang cenderung tidak terasa secara signifikan, kok.

Mungkin akan terdengar aneh, tetapi ketika Mom sedang hamil 1 minggu, maka sebenarnya Mom belum dinyatakan benar-benar hamil. Pasalnya, kehamilan biasanya baru akan terjadi ketika ada siklus ovulasi yang muncul di antara 13 - 20 hari setelah hari pertama haid terakhir.

Kalkulator HPL

Oleh karena itu, untuk bisa memastikan ciri-ciri hamil 1 minggu, Mom harus memahami terlebih dahulu siklus menstruasi dengan baik. Misalnya, dengan cara mencatat tanggal menstruasi setiap bulan atau pun menggunakan alat tes ovulasi.

Nah, jika ingin mengetahui kehamilan lebih awal, yuk simak gejala hamil 1 minggu beserta perubahan-perubahan yang mungkin terjadi pada fisik Anda berikut ini.

Tanda Hamil 1 Minggu

Apa yang dirasakan perut saat hamil 1 minggu biasanya mirip dengan ketika Mom mengalami menstruasi. Meski perut belum terlihat membesar, tetapi perut Mom kemungkinan mengalami rasa sakit seperti kram yang membuat tidak nyaman. Beberapa hal lain yang biasanya dirasakan di antaranya:

- Perut menjadi kembung

Tanda-tanda hamil muda pada perut yang biasanya terjadi adalah merasa kembung seperti masuk angin. Apakah Anda mengalaminnya akhir-akhir ini? Bisa jadi itu adalah tanda hamil 1 minggu. Hal tersebut dipicu oleh meningkatnya kadar progesteron yang menghambat jalur pencernaan.

Kondisi serupa juga dapat Anda alami menjelang haid, namun rasa kembung akan hilang seiring terjadinya menstruasi.

Jadi, apabila Mom merasa perut kembung dan tak kunjung haid, langsung lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, ya. Mungkin saja Anda telah hamil 1 minggu. Selamat!

- Sakit kepala

Tanda hamil 1 minggu berikutnya adalah Anda akan merasakan sakit kepala. Hal ini sering dikeluhkan oleh wanita yang menjadi tanda awal kehamilan. Sehingga Mom tak perlu terlalu khawatir karena gejala ini berkaitan dengan hormon.

Namun Anda juga harus menyadari bahwa pusing sebagai gejala kehamilan tidak akan langsung muncul begitu saja dengan cepat. Kondisi ini dapat berbeda-beda setiap wanita. Tapi beberapa gejala kehamilan awal yang sering muncul adalah nyeri payudara, mual, hingga kelelahan.

- Timbul gangguan pencernaan yang tidak biasa

Gangguan pencernaan menjadi gangguan kesehatan yang umum dialami oleh siapa saja. Namun, tahukah Mom bahwa gangguan tersebut bisa saja menjadi tanda hamil 1 minggu? Sehingga penting bagi Anda untuk bisa membedakan gangguan pencernaan seperti apa yang menandakan kehamilan atau gangguan kesehatan biasa.

Biasanya sembelit yang menandakan kehamilan disertai dengan telatnya haid, perubahan ukuran payudara yang lebih besar, dan pembuluh darah di bawah kulit semakin terlihat.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki yang Perlu Mom Ketahui

- Sakit perut seperti kram

Sakit perut seperti kram biasa dialami wanita menjelang waktunya menstruasi, setuju tidak Mom? Yup, namun rupanya hal tersebut juga bisa menjadi tanda hamil 1 minggu, lho. Tanda-tanda hamil muda pada perut seperti kram tersebut diakibatkan oleh rahim yang mulai meregang sebagai persiapan tempat tinggal janin. Untuk mengetahui batasan normal kram yang Mom alami, cek pembahasan penyebab dan seberapa normal kram pada ibu hamil dari Ruangmom.

- Nyeri punggung

Tanda hamil 1 minggu selanjutnya adalah nyeri punggung bagian bawah. Ini disebabkan oleh janin yang mulai tumbuh di dalam kandungan.

- Mengalami kenaikan berat badan

Naiknya berat badan adalah hal yang umum dialami ibu-ibu ketika hamil dan termasuk ke dalam tanda hamil 1 minggu. Kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan jumlah cairan pada tubuh hingga 6,5 liter atau kurang lebih sebanyak 2 kg.

Tak hanya itu, penyebab kenaikan berat badan juga dikarenakan ukuran rahim yang membesar dengan berat sekitar 1-2 kg. Bahkan berat tersebut belum termasuk berat janin.

- Payudara menjadi terasa lebih penuh dan lembut

Tanda hamil 1 minggu yang selanjutnya adalah payudara terasa lebih penuh dan lembut. Ini disebabkan oleh tubuh yang tengah mempersiapkan ASI (Air Susu Ibu) untuk asupan ketika si kecil lahir.

- Mengalami perubahan libido

Tahukah Mom bahwa perubahan libido termasuk ke dalam tanda hamil 1 minggu? Yup, ini dikarenakan hormon estrogen dan progesteron Anda mengalami peningkatan. Sehingga berdampak pada beberapa hal termasuk libido.

- Perubahan suasana hati

Mom yang sedang berada di awal kehamilan juga bisa jadi merasakan perubahan suasana hati yang signifikan atau disebut juga dengan istilah mood swing. Tanda hamil 1 minggu ini wajar terjadi sebab hormon saat kehamilan bisa mempengaruhi kondisi psikologis ibu hamil.

- Nafsu makan meningkat

Tahukah Mom bahwa saat Anda hamil, nafsu makan akan meningkat! Ini dikarenakan janin di dalam perut membutuhkan asupan nutrisi lebih. Makanya tidak heran jika ibu hamil sering sekali merasa lapar.

Baca juga: Perkembangan Janin dan Ibu Hamil Minggu ke-1

Langkah Mempersiapkan Kehamilan

Nah, ketika Mom merasakan beberapa tanda hamil 1 minggu tersebut, maka sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan persiapan kehamilan sebagai berikut ini:

1. Pahami Masa Subur

Di masa ini, mengetahui masa subur sangat diperlukan agar Mom bisa tahu kapan memiliki peluang tinggi untuk hamil. Masa subur juga bisa diketahui dengan cara mencatat tanggal menstruasi setiap bulan, atau pun menggunakan alat tes ovulasi.

2. Mulai Konsumsi Vitamin Prenatal

Mengonsumsi vitamin prenatal adalah langkah yang disarankan oleh banyak dokter kandungan. Pasalnya, vitamin prenatal dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh yang juga sangat bermanfaat bagi kehamilan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Mom dianjurkan mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari. Setidaknya, dimulai satu bulan sebelum merencanakan kehamilan. Beberapa jenis vitamin prenatal lain yang dianjurkan di antaranya adalah zat besi, kalsium, dan vitamin D.

3. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Saat mempersiapkan kehamilan, Mom perlu mengonsumsi air mineral secara rutin agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Sebaiknya, hindari juga minuman yang mengandung pemanis buatan berlebihan seperti kopi, soda, serta minuman beralkohol.

4. Jaga Pola Makan

Memang, yang dirasakan perut saat hamil 1 minggu masih terbilang sedikit dan tidak menimbulkan masalah. Namun, Mom tetap harus sudah mulai menjaga asupan makanan.

Menjaga pola makan sebelum kehamilan juga sangat penting untuk kesehatan, baik bagi Mom ataupun calon janin. Di sisi lain, Mom juga perlu menambah 100 hingga 300 asupan kalori setiap harinya begitu hamil.

5. Terapkan Pola Hidup Sehat

Demi kesehatan Mom dan calon janin, ada baiknya jika memulai hidup sehat pada masa-masa ini. Lakukan olahraga teratur dan tinggalkan kebiasaan merokok, minum alkohol, atau bahkan mengonsumsi obat-obatan terlarang.

6. Kurangi Stres

Bakal menjadi calon orang tua memang merupakan momen paling mendebarkan yang kadang membuat Mom stres. Meski demikian, alangkah lebih baik jika Mom meluangkan waktu untuk melakukan self care agar lebih rileks. Jangan ragu untuk melakukan kegiatan yang bisa membuat Mom nyaman dan bahagia di minggu pertama ini.

Setelah Itu, Apa Yang Harus Dilakukan?

Jika Mom menerapkan langkah persiapan kehamilan tersebut dengan baik, maka peluang kehamilan pun akan lebih tinggi. Sekitar dua minggu setelah ovulasi berhasil, biasanya Mom akan kembali merasakan tanda hamil 1 minggu seperti di bawah:

  1. Sembelit
  2. Perut kembali merasa sakit, kram, dan kembung

  3. Merasa lebih lelah dari biasanya

  4. Muncul bercak darah, tetapi bukan menstruasi

  5. Lebih sering buang air kecil

  6. Mual, bisa diikuti dengan muntah atau pun tidak

  7. Tidak menstruasi

  8. Payudara terasa lebih lunak atau bengkak

Saat mengalami tanda hamil 1 minggu tersebut, Mom bisa mulai melakukan tes kehamilan dengan testpack atau pun memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan tes darah agar hasil lebih akurat. Jika hasilnya positif, maka tetap pertahankan kebiasaan sehat yang Mom lakukan selama minggu awal kehamilan, ya!

Mom pasti selalu ingin yang terbaik sepanjang kehamilan masa depan si kecil. Tentunya, jika biaya sudah siap, semuanya akan lebih lancar. Nah, untuk membantu Mom sekarang ada pinjaman KTA OCBC NISP! Dengan limit yang tinggi dan bunga bersaing, Mom bisa mengunakan pinjaman ini untuk berbagai keperluan menyambut kelahiran si kecil.

Pengajuan KTA OCBC NISP pun mudah, tanpa perlu ke bank. Caranya cukup membuka halaman KTA OCBC NISP di ponsel dan masukkan informasi Mom dengan lengkap saat mengisi formulir. Klik disini untuk dapatkan informasi lengkap yang Mom butuhkan untuk siapkan masa depan.

Baca juga: Tanda-Tanda Hamil 1 Hari, Bisakah Dideteksi Langsung?