Saat menjelang hari perkiraan lahir, pastinya Mom sudah deg-degan menantikan momen bertemu dengan si kecil, bukan? Sayangnya banyak Mom yang baru pertama kali hamil bingung mengetahui apa saja tanda-tanda melahirkan sudah dekat.

Nah, supaya Mom dapat memahaminya, yuk langsung saja simak tanda-tanda melahirkan sekaligus kapan harus pergi ke rumah sakit. Ini informasinya untuk Mom!

Tanda-tanda melahirkan beberapa minggu sebelum HPL

Tanda bahwa Mom dalam beberapa minggu lagi segera melahirkan bayi antara lain sebagai berikut.

1. Posisi bayi turun ke panggul

Bila Anda baru pertama kali melahirkan anak pertama, Mom akan merasakan bayi mulai turun ke arah panggul. Hal ini terjadi beberapa minggu sebelum kontraksi terjadi. Posisi idealnya, bayi akan mulai berada di posisi siap lahir, yakni kepala di bawah dengan posisi rendah.

Saat posisi bayi sudah berada di bawah, Mom akan lebih sering merasa ingin pipis, karena kepala si bayi makin menekan kandung kemih.

Akan tetapi, bila bayi Anda sungsang atau posisi melintang, maka perlu dilakukan bantuan medis untuk memutar posisinya. Ini artinya jika bayi tidak berada dalam posisi ideal untuk dilahirkan, maka pilihan terakhirnya adalah dilakukan operasi caesar.

2. Serviks melebar atau dikenal dengan istilah pembukaan

Ketika HPL semakin dekat, maka leher rahim Anda akan membuka dan melebar, bahkan menipis. Hal ini terjadi beberapa minggu sebelum melahirkan. Biasanya pembukaan terjadi dari 1-10 sampai bayi benar-benar siap dilahirkan.

Dokter atau bidan akan memeriksa kesiapan leher rahim Mom untuk proses persalinan dari seberapa lebar pembukaan yang terjadi.

Setiap ibu akan mengalami proses pembukaan yang berbeda-beda, ada yang cepat, ada pula yang butuh waktu lama. Ikuti apa kata dokter atau bidan Anda selama proses ini berlangsung ya, Mom.

3. Merasakan kram dan sakit punggung yang lebih intens

Kram dan sakit punggung adalah salah satu tanda-tanda melahirkan. Meski biasanya hal ini sering terjadi sepanjang masa kehamilan, namun Mom akan lebih sering merasakannya dalam jeda waktu singkat, serta cenderung lebih sakit dan intens dibanding sebelumnya.

Kram dan sakit di punggung bagian bawah menandakan proses persalinan sudah dekat. Hal tersebut menandakan otot dan sendi Anda sedang meregang dan bersiap untuk proses melahirkan.

4. Persendian terasa lebih longgar

Selama masa kehamilan, hormon relaxin akan membuat persendian Anda melonggar, dan ketika proses melahirkan semakin dekat, Mom akan merasakan persendian semakin longgar serta meregang. Ini terjadi secara alami, agar pelvis Anda terbuka dan memudahkan bayi untuk keluar melalui jalan lahir.

5. Diare sebagai salah satu tanda-tanda melahirkan

Mungkin Mom kaget, namun ternyata diare juga bisa menjadi tanda-tanda melahirkan sudah dekat lho!

Hal ini dikarenakan otot rahim mulai rileks dalam persiapan untuk melahirkan, otot-otot lain di tubuh Anda juga akan merilekskan diri termasuk otot rektum (dubur). Sebab itulah diare terjadi, namun Mom tidak perlu khawatir, karena ini normal.

Jadi selain lebih sering pipis, mungkin Anda juga akan sering BAB. Minumlah air putih yang banyak agar tidak mengalami dehidrasi selama fase ini terjadi.

6. Berat badan turun atau tidak bertambah

Tak perlu khawatir, Mom! Ini normal kok. Sejak trimester pertama hingga trimester ketiga, Anda mungkin bertambah berat badan beberapa kilo. Namun menjelang HPL, penambahan berat badan akan berhenti atau malah turun.

Untungnya, hal ini tidak akan mempengaruhi berat bayi. Berat badan Mom turun karena cairan ketuban berkurang volumenya.

7. Merasa sangat lelah juga tanda-tanda melahirkan sudah dekat

Sering bolak balik kamar mandi untuk pipis dan BAB, bisa jadi membuat Anda merasa lelah. Belum lagi beban si bayi yang Mom bawa kemana-mana, hingga membuat Mom merasa ingin rebahan dan beristirahat.

Jadi, jangan ragu untuk mulai beristirahat lebih banyak di minggu-minggu menjelang HPL, tidurlah selagi punya waktu.

Akan tetapi, kondisi setiap ibu tentu saja berbeda. Ada yang merasa sangat kelelahan di minggu-minggu terakhir kehamilan, ada yang justru malah tidak bisa diam dan lebih aktif dari sebelumnya.

Apapun kondisi yang Anda alami, selama kehamilan tidak berisiko dan tidak ada komplikasi apapun, ikuti saja apa yang diinginkan tubuh Bunda. Istirahatlah saat merasa lelah, dan bergerak aktif lah saat Anda menginginkannya.

Baca juga: 5 Tips Memilih Rumah Sakit Bersalin Terbaik Pertama Kali

Tanda-tanda melahirkan beberapa jam sebelum persalinan

Sementara, jika Mom akan melahirkan dalam hitungan jam, maka berikut merupakan tanda-tanda melahirkan sudah dekat.

1. Keluar lendir tebal dari vagina

Saat persalinan hanya tinggal hitungan jam, Mom akan merasakan keluarnya lendir kental dan tebal dari vagina. Lendir ini berfungsi sebagai ‘gembok’ yang mengunci leher rahim untuk melindungi si bayi dalam kandungan dari dunia luar.

Selain itu, ketika persalinan semakin dekat, Mom akan melihat cairan vagina semakin banyak dan semakin kental. Bila cairan vagina terlihat berwarna pink atau seperti ada darah, tandanya Anda semakin dengan proses melahirkan.

Akan tetapi, bila hal ini terjadi tapi pembukaan masih antara 3-4, dan belum merasakan kontraksi, bisa menjadi pertanda bahwa si bayi masih betah di dalam, dan masih lama untuk keluar.

2. Kontraksi yang semakin kuat dan sering sebagai tanda-tanda melahirkan

Kontraksi merupakan tanda-tanda melahirkan awal, Anda akan merasakan kontraksi yang semakin sering dan kuat bahkan terasa sakit. Hal ini terjadi karena rahim Anda sedang bersiap untuk mendorong bayi keluar dalam proses persalinan.

3. Pecah ketuban

Pecahnya kantung ketuban adalah tanda-tanda melahirkan final yang biasanya dialami para ibu hamil. Tetapi, hal ini hanya terjadi pada 15% kehamilan bahkan cenderung lebih rendah. Jadi tidak semua ibu mengalami ketuban pecah saat akan melahirkan, ada yang malah ketubannya dipecahin oleh dokter dalam proses persalinan.

Segera hubungi dokter atau bidan Anda jika mengalami hal-hal berikut

Sebaiknya Mom segera menghubungi dokter jika mengalami tanda-tanda di bawah ini, ya.

  • Mengalami pendarahan atau keluar cairan vagina berwarna gelap (kecoklatan atau kemerahan)
  • Air ketuban pecah dini, dan warna cairannya cokelat atau kehijauan. Ini bisa jadi tanda mekonium, yang bisa berbahaya bila dihirup bayi dalam proses persalinan.
  • Mom mengalami penglihatan yang kabur, sakit kepala yang intens atau pembengkakan tiba-tiba di beberapa bagian tubuh. Ini bisa menjadi tanda preeklampsia yang berbahaya.

Itulah tanda-tanda melahirkan sudah dekat yang wajib Mom ketahui. Apapun fase yang sedang Mom jalani saat ini, semoga persalinan Anda nanti lancar dan sukses tanpa komplikasi apapun. Amin.

Baca juga: 5 Contoh Surat Cuti Melahirkan untuk PNS, Karyawan, Honorer