Kehamilan adalah suatu momen emas yang selalu ditunggu setiap pasangan suami istri. Oleh sebab itu, pemahaman yang baik tentang cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut akan sangat Mom butuhkan sebelum menemui dokter kandungan.

Lagipula, akan lebih bagus bagi Mom untuk mengetahui kehamilan sedini mungkin, bukan? Oleh karena itu, yuk simak beberapa cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut berikut ini!

Pentingnya mempersiapkan dan mengetahui kehamilan sedini mungkin

Mom, tahukah Anda bahwa mempersiapkan kehamilan sejatinya jauh lebih baik jika dilakukan sedini mungkin lho, bahkan sejak usia remaja.

Salah satu faktor penting yang harus dipersiapkan adalah kadar gizi yang tercukupi. Ahli Gizi Meliana Istifarin, SKM, RD. menegaskan betapa krusialnya hal ini bagi para remaja perempuan agar tidak mengalami hal-hal tak diinginkan saat masa kehamilan.

Pentingnya pemahaman tentang persiapan kehamilan sejak dini juga sempat disinggung oleh ketua British Fertility Society (BFS), Adam Balen. Dirinya menegaskan bahwa seorang perempuan muda dapat mempersiapkan kehamilan dengan berolahraga secara rutin, menghindari rokok, dan menjaga berat badan tetap ideal untuk kehamilan di masa depan.

Melansir pernyataan dr. Bram Pradipta, seorang ahli obstetri dan ginekologi, para calon orang tua yang cenderung menilai kehamilan sebagai sebuah kejutan tak direncanakan tergolong sebagai pemikiran calon orang tua yang tidak siap.

Selain itu, penting juga bagi perempuan yang baru menikah untuk sadar dengan kondisi kehamilannya sedini mungkin. Hal tersebut dimaksudkan agar calon ibu tidak membahayakan buah hati tercinta secara tidak sengaja.

Inilah mengapa, Mom perlu mengulik cara mengetahui kehamilan sedini mungkin. Selain menggunakan test pack, ternyata Mom juga bisa menerapkan cara mengetahui kehamilan sedini mungkin dengan memperhatikan gejala-gejala yang muncul.

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut

Selain mengamati pola nafsu makan dan perubahan fisik lainnya, ternyata ada cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut, lho.Selain mudah, memperhatikan gejala-gejala berikut akan membuat Mom selangkah lebih yakin tentang kondisi kehamilan Anda. Simak baik-baik, ya!

1. Ukuran perut membesar tapi bukan karena lemak

Salah satu cara mengetahui kehamilan sedini mungkin adalah dengan memperhatikan kondisi perut Anda. Mom bisa mengamatinya melalui ukuran perut yang dirasa berubah. Mom tak usah takut keliru. Pasalnya, terdapat perbedaan signifikan antara lemak perut dan perut yang membesar karena hamil.

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut satu ini akan membuat Mom menyadari beberapa hal. Saat Mom positif hamil, ukuran perut yang membesar akan terasa keras dibanding perut membesar akibat lemak.

Jika Mom memiliki perut cukup kecil sebelum gejala kehamilan, maka ukuran perut Anda yang membesar baru akan terlihat di akhir trimester pertama. Selain itu, cara mengetahui kehamilan dengan meraba perut bagian bawah juga akan bermanfaat untuk mengecek status kehamilan Mom.

2. Muncul rasa mual dan ingin muntah saat perut ditekan

Selain ukuran perut yang membesar, Mom juga bisa melakukan cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut berikut.

Tekan sedikit pada bagian perut (tak perlu terlalu keras), jika Mom merasa mual dan ingin muntah, maka ini bisa menjadi pertanda bahwa Mom sedang hamil.

Rasa mual dan ingin muntah tersebut akan meningkat seiring bertambahnya usia kandungan. Dengan bertambahnya usia kandungan, Mom akan lebih sering merasakan gejala ini terlebih saat mencium aroma yang menyengat.

Eits, tapi Mom jangan sampai keliru, ya. Pasalnya, gejala yang sama juga akan ditunjukkan oleh orang dengan sakit maag. Oleh sebab itu, melakukan check up ke dokter adalah salah satu solusi terbaik yang harus Mom lakukan selanjutnya.

3. Perut terasa kram saat ditekan

Cara mengetahui kehamilan dengan menekan perut yang lain ialah timbulnya rasa kram saat Mom melakukannya. Alih-alih sakit, seorang wanita hamil akan merasakan kram mendadak saat perutnya ditekan.

Tekanan perut pada ibu hamil akan berpengaruh langsung terhadap pembuluh darah, otot dan sendi-sendi di sekitarnya. Tapi Mom tak perlu risau sebab ini adalah hal wajar. Rasa kram yang muncul saat Mom menekan perut adalah suatu tanda bahwa ada janin sedang berkembang dalam perut Anda.

Perlu dicatat bahwa kram perut saat hamil hampir terasa sama dengan kram menstruasi. Pasalnya, kedua jenis kram ini akan Mom rasakan di bagian bawah perut. Hal yang membedakan keduanya adalah durasi berlangsungnya kram tersebut.

Jika Mom melakukan ini sebagai cara mengetahui kehamilan dengan menekan perut, maka Anda akan merasakan kram tersebut dalam jangka waktu cukup lama mulai dari 10 sampai 15 hari tepat setelah pembuahan terjadi.

4. Perut terasa kembung saat Mom pegang

Selanjutnya, masih tentang cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut. Mom dapat mendeteksi kehamilan jika merasa kembung saat memegang perut Anda. Ini adalah salah satu cara mengetahui kehamilan dengan meraba perut yang lumayan ampuh lho, Mom!

Meskipun mudah, Mom diharap untuk tidak keliru dalam menilai perut kembung tersebut. Pasalnya, kembung saat hamil juga hampir terasa sama seperti gejala pramenstruasi.

Gejala perut kembung pada wanita hamil akan disertai dengan perut terasa kencang dan tidak nyaman saat dipegang. Hal itu dikarenakan meningkatnya kadar progesteron sehingga membatasi kerja otot-otot disekitarnya untuk tetap rileks.

Baca juga: Pendarahan Implantasi Mirip Haid, Ternyata Pertanda Hamil!

5. Perut mudah mulas jika disentuh

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut yang lain adalah timbulnya rasa mules tak biasa saat Mom menyentuhnya. Salah satu penyebab perut mudah mules pada ibu hamil adalah meningkatnya kadar hormon progesteron dalam tubuh.

Hormon ini dipercaya dapat meningkatkan rasa sembelit, mulas serta gangguan pencernaan lainnya. Untuk mengurangi rasa mulas pada trimester pertama, Mom harus pintar memilih pakaian untuk digunakan. Hindari pakaian yang terlalu ketat agar perut merasa lebih rileks.

6. Rahim mengencang saat Mom menekan perut

Jika Mom merasa rahim mengencang ketika perut ditekan, maka bisa jadi ini adalah salah satu tanda adanya janin yang tumbuh di dalam perut. Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut berikut paling sering dilakukan ibu mengandung lho, Mom!

Jika hal tersebut terjadi, Mom tak perlu khawatir sebab gejala satu ini wajar dialami. Saat positif mengandung, Mom akan mengalami gejala ini setidaknya selama 12 minggu awal kehamilan.

7. Keinginan buang air kecil meningkat sehabis perut ditekan

Gejala lain yang akan timbul saat menekan perut Anda adalah peningkatan rasa ingin buang air kecil. Usut punya usut, hal ini disebabkan oleh berubahnya hormon pada masa kehamilan, Mom.

Setelah terjadi pembuahan, tubuh wanita akan secara langsung memproduksi hormon bernama human chorionic gonadotropin (hCG).  Hormon inilah yang akan memicu Mom untuk sering buang air kecil selama mengandung.

Mom tak perlu risau karena gejala kehamilan satu ini hampir 99.9% dirasakan oleh wanita hamil. Meski umum terjadi, Mom sebaiknya tetap bersiap untuk bolak-balik ke kamar mandi khususnya saat memasuki trimester pertama kehamilan.

8. Punggung bagian bawah terasa linu saat perut ditekan

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut yang satu ini patut untuk Mom coba. Pasalnya, tidak semua orang merasa linu di bagian bawah punggung saat perutnya ditekan.

Pada ibu hamil, selain perut membesar, Mom akan cepat merasa linu atau pegal di bagian punggung Anda. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh beratnya sang janin yang Anda topang. Eits, tapi Mom tidak perlu risau dengan frekuensi linunya, ya.

Linu pada punggung saat masa kehamilan dapat dikurangi dengan melakukan pijatan ringan di sekitarnya. Namun, beda dengan gejala-gejala sebelumnya, linu di punggung akan makin terasa seiring bertambahnya usia kandungan serta berat si calon buah hati.

9. Perut bagian bawah terasa penuh saat dipegang

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut berikutnya adalah memperhatikan bagian bawah perut. Jika perut Mom terasa penuh saat dipegang maka kemungkinan Mom sedang hamil. Gejala satu ini cukup umum dirasakan oleh setiap bumil kok, Mom.

Saat hamil, seorang wanita akan memproduksi hormon progesteron dan estrogen dalam jumlah lebih banyak dari biasanya. Hal inilah yang menyebabkan usus wanita hamil bergerak lambat.

Pergerakan usus yang lambat akan berdampak pada proses pencernaan makanan sehingga turut berdampak pada produksi gas. Pada ibu hamil, menumpuknya gas akan membuat perut terasa penuh disertai mual.

10. Saat perut ditekan, ulu hati terasa nyeri

Cara mengetahui kehamilan tanpa testpack satu ini pasti akan mengobati keraguan Anda. Ulu hati terasa nyeri sehabis perut ditekan bisa jadi pertanda bahwa Mom sedang mengandung, lho.

Mudah merasakan nyeri di ulu hati umumnya terjadi pada ibu hamil karena peningkatan hormon progesteron. Usut punya usut, hal ini terjadi karena katup lambung pada ibu hamil cenderung melemah sehingga memudahkan asam lambung untuk bergerak naik ke refluks (kerongkongan).

Metode ini dianggap ampuh karena sering dipakai dokter kandungan guna mengetahui kesehatan fisik ibu hamil saat mengandung. Para dokter kandungan biasa menerapkan cara tersebut untuk mengetahui apakah Mom menderita penyakit lambung atau gejala heartburn lain yang harus dihindari saat masa kehamilan.

Nah, itu dia beberapa cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut. Jika Mom sudah merasakan tanda-tanda yang sama, alangkah baiknya Mom langsung pergi ke dokter kandungan untuk cek kehamilan, ya!

Baca juga: 9 Tanda Hamil 1 Minggu, Begini Perubahan Bentuk Perut Ibu