Jika mendengar tentang sekolah internasional, mungkin yang pertama Mom pikirkan adalah biayanya. Sebagai ibu kota yang juga menjadi kota tersibuk di Indonesia, maka tidak mengherankan jika di kota ini memiliki jumlah sekolah internasional terbanyak dibanding kota lainnya.

Memang banyak anggapan bahwa biaya sekolah internasional di Jakarta pasti mahal. Pendidikan yang terbaik bagi buah hati adalah sebuah keharusan. Untuk memenuhinya, tak jarang orang tua yang memilih menyekolahkan anaknya di sekolah internasional.

Berbeda dengan sekolah negeri atau sekolah swasta lainnya, sekolah internasional dikenali dari model kurikulum yang ditetapkan. Di sekolah internasional ini menerapkan kurikulum internasional, biasanya Cambridge International Examinations atau International Baccalaureate Edexcel.

Selain itu, di sekolah internasional juga memiliki siswa dan tenaga pengajar multinasional, karena itu di sekolah ini menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing lain sebagai bahasa pengantar.

Pada dasarnya biaya sekolah internasional di Jakarta tidak berbeda dengan sekolah lain, seperti biaya pendaftaran, uang pangkal, hingga biaya pendidikan yang dibayarkan setiap bulan. Namun sebenarnya berapa rata-rata biaya sekolah internasional di Jakarta? Berikut adalah rata-rata biaya sekolah internasional di Jakarta mulai dari tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA.

1. TK Lazuardi Cordova

Sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Bakhtera Lazuardi Cordova ini menawarkan wawasan global dan penerapan kurikulum internasional dari University of Cambridge International Examinations serta berpandangan Islam progresif. Di sekolah ini, anak-anak diberikan pemahaman mengenai perbedaan dan toleransi, termasuk menerapkan sistem inklusi yang beri kesempatan bagi siswa berkebutuhan khusus. Biaya masuk TK ini adalah uang pangkal: Rp15.488.000, SPP bulanan: Rp1.180.000, dan uang tahunan: Rp825.000

2. Al Azhar Blok M

TK ini mengedepankan pendidikan berwawasan islami dan mengajak murid untuk membiasakan diri beribadah sejak dini. Dalam pengembangan pembelajarannya, murid diharapkan dapat hormat kepada guru dan orang tua. Adapun biaya sekolah di Jakarta wilayah Blok M adalah; uang pangkal: Rp22.000.000, dan SPP bulanan: Rp1.250.000.

3. TK Mentari International School (MIS)

MIS menerapkan kurikulum Cambridge dengan tiga cabang yang tersebar di Jakarta, Bintaro, dan Grand Surya. Fasilitas di sekolah ini di antaranya; laboratorium, perpustakaan, kelas dan tempat bermain, area fitness, hingga kolam renang. Biaya masuk TK ini adalah: uang pangkal: Rp20.500.000, dan SPP bulanan: Rp7.500.000.

4. Australia Independent School

Sekolah ini mengambil kurikulum International Baccalaureate (IB). Didirikan pada 1996 dengan tujuan utama menyediakan pendidikan internasional inklusif untuk anak dengan pendidikan global berbasis kurikulum Australia. Biaya masuknya, antara lain; uang administrasi: Rp9.450.000, dan SPP tahunan: Rp169.000.000.

5. Jakarta International School

Sekolah ini berkomitmen untuk membentuk individu yang berwawasan luas, mandiri, dan berperspektif global. Biaya masuknya antara lain uang pangkal: Rp22.000.000, dan SPP tahunan: Rp343.000.000.

6. Universal School Kelapa Gading

Sekolah ini pernah menerima penghargaan dari Cambridge Assessment International Education pada 2017. Di sekolah ini tak perlu mendaftar biaya masuk, karena menggunakan sistem uang tahunan sebesar Rp 6,5 juta setahun. Selain uang tahunan, juga dikenakan membayar uang SPP sebesar Rp 1,6 juta per bulan.

7. HighScope Indonesia

Sekolah berbasis internasional yang terletak di Jalan TB Simatupang, Cilandak ini mengadopsi kurikulum Cambridge International yang dipadukan dengan konten kurikulum nasional. Anak akan dibimbing untuk terbiasa berinteraksi, memecahkan masalah, dan terlibat dalam banyak kegiatan seperti music day, cooking project, hingga camping.

HighScope Indonesia mematok biaya masuk sebesar Rp 70 juta untuk tingkat SD dan Rp18 juta untuk tingkat TK Per bulannya, selain itu juga harus membayar SPP sebesar Rp 6,6 juta untuk tingkat SD dan Rp 6,4 untuk tingkat TK.

8. Gandhi Memorial International School Kemayoran

Ini merupakan salah satu sekolah internasional tertua di Indonesia, dan berfokus pada pertumbuhan anak dengan mengembangkan kemampuan akademik, fisik, sosial, emosional, dan budaya. Gandhi Memorial International School Kemayoran mengadopsi kurikulum International Baccalaureate (IB). Untuk belajar di sekolah ini dikenakan biaya tahunan sebesar US\( 4820 atau Rp 67 juta untuk tingkat TK dan US\) 6300 atau Rp 88 juta untuk tingkat SD kelas 1.

9. ACG School Jakarta

Sebagai anggota ACG Education (Academic College Group), sekolah yang berlokasi di bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini memberikan pembelajaran akademik kelas global dengan kurikulum International Baccalaureate (IB) Primary Years Programme.

Lulusan sekolah ini juga berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke ACG Education di New Zealand. ACG School Jakarta memiliki standar biayanya sendiri. Untuk TK adalah Rp 115,5 juta per tahun sedangkan untuk tingkat SD kelas 1 adalah Rp 228 juta per tahun.

10. Kinderfield Tebet

TK ini menggunakan kurikulum nasional plus yang berfokus pada perkembangan seluruh aspek pada anak, mulai dari fisik, sosial, emosional, kognitif, dan bahasa. Kinderfield juga memberlakukan sistem moving class yang menuntut anak agar lebih kreatif dan suasana belajar yang berbeda dalam setiap pelajaran yang diikuti.

Biaya masuk yang perlu disiapkan sebesar Rp 11 juta. Selain itu ada juga biaya SPP yang dibayarkan setiap 3 bulan sekali sebanyak Rp 6,8 juta dan development fee yang dibayar setahun sekali senilai Rp 5 juta.

11. Sekolah Kristen IPEKA

Sekolah ini berada di bawah Yayasan IPEKA yang dibentuk oleh Sinode Gereja Kristus Yesus sebagai organisasi nirlaba melayani bidang pendidikan. Pendidikan ditujukan untuk mempersiapkan generasi bermutu melalui pendidikan Kristen yang berkualitas. Biaya sekolah ini antara lain; uang pangkal: Rp15.000.000, SPP bulanan: Rp1.950.000, dan Uang tahunan: Rp600.000.

12. Cikal Cilandak

Sekolah ini menerapkan berbagai kegiatan rutinitas harian, program bakat, keterampilan sosial, kunjungan lapangan, acara, dan kegiatan ekstrakurikuler yang dorong siswa untuk juga mengasah kemampuan di luar bidang akademik. Biaya masuk TK ini adalah: Uang pangkal: Rp41.800.000, dan SPP bulanan: Rp4.000.000.

13. Al-Falah Jakarta Timur

Setelah studi banding ke beberapa TK di Australia, Eropa, dan Amerika Serikat, kurikulum pendidikan di sekolah ini mengadopsi metode BCCT (Beyond Center and Circle Time) yang kemudian dikenal dengan “Metode Sentra” yang berfokus pada play-based learning.

Metode ini mengajak anak untuk sejak dini menjalankan berbagai nilai yang mulia dalam semua agama, seperti nilai hormat, jujur, tanggung jawab, disiplin, dll. Biaya sekolah ini adalah: Uang pangkal: Rp68.000.000, dan SPP bulanan: Rp5.200.000. (*)

Baca juga: Pinjaman Tanpa Jaminan Untuk Ibu Rumah Tangga