Saat kehamilan, salah satu pantangan yang harus dijaga untuk tidak dilakukan adalah minum obat sembarangan. Beberapa obat yang tidak boleh diminum sembarangan tanpa resep dokter adalah obat sakit kepala jenis aspirin dan ibuprofen. Kedua jenis obat ini akan membahayakan kondisi kandungan dan janin.

Maka dari itu, jika Mom mengalami pusing saat hamil, sebaiknya Mom lakukan beberapa cara berikut ini agar Mom bisa meredakan pusing saat hamil tanpa harus minum obat sakit kepala. Beberapa cara meredakan pusing saat hamil tanpa obat adalah sebagai berikut:

1. Makan Teratur dan Minum Air Putih yang Cukup

Tubuh yang kurang nutrisi dan kurang cairan dapat mengirimkan sinyal berupa pusing atau sakit kepala. Oleh karena itu, cara terpenting untuk meredakan pusing saat hamil adalah dengan makan secara teratur dengan porsi sedikit tapi sering untuk menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, penuhi cairan tubuh yang sangat diperlukan dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan saat tidak hamil dengan meminum air putih.

2. Konsumsi Makanan Kaya Zat Besi

Anemia bisa menjadi salah satu penyebab Mom mengalami pusing saat hamil. Untuk meredakan pusingnya, cara yang bisa Mom lakukan adalah dengan mencukup kebutuhan zat besi tubuh lewat mengonsumsi makanan seperti daging merah, ungas, kacang-kacanagn, dan kubis.

3. Jangan Kenakan Pakaian yang Ketat

Mengenakan pakaian yang longgar dan bersirkulasi baik adalah bertujuan untuk mencegah Mom dari rasa gerah yang bisa membuat temperature tubuh naik secara berlebih. Pastikan pakaian yang Mom kenakan selalu longgar dan membuat tubuh masih bisa merasakan sejuk. Tidak memakai baju yang ketat juga berlaku pada pemakaian bra. Saat hamil, ligament payudara akan berubah karena ukurannya yang semakin membesar. Bra yang terlalu ketat akan menekan area di otot leher dan punggung. Saat hamil, pastikan ukuran bra mengikuti ukuran payudara ya.

4. Rajinlah Bergerak

Sirkulasi darah yang lancar akan membantu Mom meredakan rasa pusing saat hamil. Jika Mom berada dalam posisi yang diam selama berjam-ja, pastikan untuk sesekali bergerak agar sirkulasi darah pada tubuh berjalan dengan lancar. Jika Mom berada dalam posisi berdiri yang cukup lama, pastikan untuk menggeser posisi dan menggunakan kaki sebagai penopang titik beban tubuh secara bergantian. Dan apabila Mom berada dalam posisi duduk yang lama, berjalanlah sesekali agar tidak terjadi penyumbatan darah di tubuh bagian bawah.

5. Hiruplah Aromaterapi

Menghirup romaterapi ternyata juga bisa meredakan pusing saat hamil. Jika pusing yang datang tidak berbarengan dengan rasa mual, Mom bisa gunakan aromaterapi lavender dan peppermint oil untuk menenangkan pusing saat hamil. Mom juga bisa menggosokkan aromaterapi tersebut di kening untuk efek hangat dan rilkes.

6. Lakukan Pijat

Jika pusing saat hamil datang, maka salah satu cara yang bisa Mom lakukan adalah dengan melakukan pijatan di daerah bahu, punggung, dan tengkuk. Agar pijatan lebih aman, sebaiknya Mom panggil atau datang ke ahli pijat yang telah biasa menangani pijat untuk ibu hamil. Memijat di beberapa area ini akan membantu otot tubuh Mom jadi lebih rileks dan tidak lagi tegang.

7. Minum Air Jahe

Salah satu cara untuk meredakan pusing saat hamil adalah dengan menyeduh jahe dan meminum airnya. Manfaat air jahe untuk membantu tutbuh jadi lebih rileks dan mengatasi otot tubuh yang tegang ternyata telah lama dikenal. Oleh karena itu, meminum air jahe sangatlah baik untuk meredakan pusing saat hamil.

8. Kompres Dengan Air Dingin atau Air Panas

Cara lain untuk meredakan pusing saat hamil adalah dengan mengompres kening, baik dengan kompres air hangat maupun air dingin. Jika pusing saat hamil yang Mom rasakan adalah dalam bentuk sakit kepala sebelah atau migraine, sebaiknya kompreslah kening dengan air dingin.

Sekarang Mom sudah tahu kan cara mengatasi pusing saat hamil tanpa obat? Dengan melakukan cara-cara di atas, kandungan Mom dan janin akan tetap aman dan sehat dan pusing saat hamil pun bisa mereda. Semoga membantu ya!